TBM Awan

Kegiatan TBM


Tingkatkan kegemaran membaca, TBM Awan berkolaborasi dengan DPKD adakan pusling

29 Jul 2020

Sebagai upaya meningkatkan kegemaran dan budaya baca di Kampung, TBM Awan berkolaborasi dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Serang pada Hari Selasa, 28 Juli 2020 di Kampung Nagreg Desa Siketug Kecamatan Ciomas Serang-Banten. Kolaborasi yang dibentuk adalah Program Silang Layan. Program bantuan yang diberikan oleh DPKD Kab Serang kepada TBM Awan, Bantuan yang diberikan berupa peminjaman buku dalam jumlah banyak dan jangka waktu tertentu. Program ini diperuntukkan untuk meningkatkan kegemaran dan budaya baca. Erwin Lutfi Widiarsi selaku Kasi Pengolahan dan Pengembangan Bahan Perpustakaan DPKD Kab. Serang menerangkan bahwa kegiatan silang layan merupakan Program memberikan bantuan kepada pemohon, dalam hal ini TBM Awan. Bentuk bantuan yang diberikan ialah pemohon dipinjamkan buku dalam jangka waktu tertentu. Jika pemohon ingin mengganti buku bisa diganti dengan yang baru. Buku bacaan diperuntukan untuk mendorong kegemaran dan budaya baca. “Mudah-mudahan TBM Awan banyak dikunjungi anak, hari ini kita juga bawa pusling dan banyak anak usia sekolah disini yang antusias untuk membaca. kami juga ada program gemar membaca untuk meningkatkan budaya membaca” tambah Erwin Aldi Reihan Bugar selaku Pengelola TBM Awan mengucapkan Terima kasih untuk Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah. "Saya ucapkan terima kasih kepada DPDK Kab Serang karena sudah menfasilitasi TBM. Saya ucapkan terima kasih juga untuk KKN Universitas Bina Bangsa yang sudah turut serta mendukung gerakan Literasi di TBM Awan". "Semoga dengan adanya Fasilitas Buku dapat meningkatkan kegemaran anak-anak untuk membaca"Harap Aldi. FYI: TBM Awan adalah Taman Baca Masyarakat yang berada di Kampung Nagreg Desa Siketug Kecamatan Ciomas Serang Banten. Tujuannya dibuat TBM ialah sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat di kampung halaman, intinya TBM ini adalah Jembatan antara Mimpi dan Masyarakat (terutama anak-anak).

Ramadhan Ceria

05 Aug 2019

Bercerita dengan menggunakan buku dan boneka. Buku untuk menarik minat baca anak, serta media boneka agar anak mau menyimak cerita yang disampaikan. Buku belum menjadi kebutuhan pokok, sehingga Taman Bacaan Masyarakat (TBM) AWAN ini sangat diperlukan untuk menumbuhkan minat baca anak, karena dijaman sekarang minat baca anak semakin tergerus karna penggunaan gadget yang berlebih. kegiatan Ramadhan Ceria dengan tema meraih keberkahan di bulan ramadhan pada Hari Minggu, 26 Mei 2019 di Kp. Nagreg Desa Siketug Kec. Ciomas Serang-Banten 

“Kegiatan ini bertujuan untuk menyegarkan kembali semangat beribadah masyarakat pada umumnya dan menyalurkan jiwa kreativitas anak-anak, serta meningkatkan minat baca anak. Kegiatan hari ini terdiri dari dongeng ceria dari kak Lia, lomba mewarnai, lomba adzan dan lain-lain” kata Aldi Reihan selaku Ketua TBM AWAN.

“Mendongeng di Ciomas merupakan pengalaman baru, saya merasa senang berinteraski bersama anak-anak TBM AWAN. Selain itu, saya bisa berbagi kebahagiaan dan keceriaan di bulan suci, bedakwah dengan cara yang berbeda” kata kak Lia selaku pendongeng dalam kegiatan ramadhan ceria ini.