Berita


Informasi

Pencanangan GIM & Kampung Literasi Kota Yogyakarta: Menuju Kota Literasi

10 Feb 2019

Festival Literasi Yogyakarta resmi dibuka Festival ini merupakan perhelatan akbar yang digagas oleh Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta dan Forum Taman Bacaan Masyarakat Kota Yogyakarta.

Dalam penyelenggaraan kegiatan ini melibatkan  lembaga pemerintah, swasta, berbagai organisasi sosial kemasyarakatan, satuan pendidikan formal dan nonformal, serta komponen masyarakat lainnya.

Gerakan Indonesia Membaca menjadi gerakan bersama yang didukung oleh segenap komponen masyarakat. Gerakan ini tidak berhenti pada pencanangan, tetapi harus berkelanjutan. Ketika membaca menjadi budaya, maka akan ada percepatan kecerdasan. Ekspresi berikutnya dari gerakan membaca, adalah menulis.

Pencanangan GIM & Kampung Literasi Kota Yogyakarta

Pembukaan dimeriahkan pentas seni siswa-siswi PAUD, SD dan SMP. Pada acara ini secara simbolis diserahkan bantuan untuk tujuh TBM Kota Yogyakarta. TBM yang menerima donasi tersebut adalah TBM Keliling Adil, TBM Doremi, TBM Kubaca, TBM Rumah Asa, TBM Anak Mandiri, TBM Mekar Insani, dan TBM Adi Jaya.

Hari pertama Festival Literasi ramai dengan datangnya rombongan anak-anak sekolah yang antusias mengunjungi stand-stand dan melihat buku-buku dan produk.

Antusiame dari seluruh pengunjung yang hadir maupun pengisi kegiatan dan stand pameran menjadi barometer literasi di kota Yogyakarta. Itu artinya kota Yogyakarta sangat pantas dinobatkan sebagai Kota Literasi, sebagaimana program yang diusulkan pada Rencana Aksi Daerah.

Bagikan :