Berita


Informasi

Pencanangan GIM dan Kampung Literasi Kabupaten Jombang: Satu Desa Satu TBM

10 Feb 2019

Puncak kegiatan Gerakan Indonesia Membaca (GIM) dilaksanakan di Desa Menturo Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Rabu 26 April 2017.  Pencanangan dilakukan oleh Wakil Bupati, disaksikan Direktur Pembinaan Paud Kemendikbud RI, Ella Yulaelawati, M.A.,Ph.D, Kepala OPD Pemkab Jombang, Ketua TP PKK Kabupaten, Pegiat PAUD dan Dikmas se-Kabupaten Jombang.

Sebelum pencanangan, telah dilaksanakan serangkaian prakegiatan (GIM) di antaranya program menggiatkan budaya baca di 200 sudut literasi di satuan PAUD, 7 Taman Bacaan Masyarakat. Workshop Gemar Membaca dan Teknik Pembelajaran Seni bagi 400 guru PAUD. Sarasehan pegiat literasi bagi pelajar dan mahasiswa di kampus UNHASY.

Selain itu juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama penuntasan ikut PAUD satu tahun praSD oleh para Camat se- Kabupaten Jombang. Pada saat bersamaan juga digelar lomba mewarnai diikuti 1000 anak PAUD, lomba menulis surat untuk Presiden RI diikuti 200 anak SD/MI, dan gebyar senam Jombangan guru PAUD, drumband SD serta qasidah bunda PAUD PKK Desa.

Pencanangan GIM dan Kampung Literasi Kabupaten Jombang

Wakil Bupati Jombang Hj.Mundjidah Wahab, mengatakan sebagai Kabupaten literasi pihaknya sudah melakukan sejumlah persiapan. Di antaranya menyediakan Taman Bacaan Masyarakat di setiap desa hingga kota, juga di PAUD. Selain itu, Wabup pihaknya juga menyiapkan perpustakaan keliling yang mampu mendatangi secara langsung di tempat-tempat keramaian seperti saat kegiatan car free day.

“Budaya membaca itu sesuai dengan firman Allah SWT pertama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW yakni “Iqro” yang artinya bacalah. Jadi kita memang dituntut untuk mencari ilmu sebanyak banyaknya,”tuturnya.

Direktur Pembinaan PAUD Ella Yulaelawati yang mewakili Dirjen PAUD dan Dikmas, Kemendikbud RI mengaku gembira dan berterima kasih karena Kabupaten Jombang telah mencanangkan gerakan membaca untuk mensukseskan gerakan Indonesia Membaca yang telah dicanangkan secara nasional. “Apalagi Jombang sebelumnya sudah mencanangkan program satu desa satu Taman Bacaan Masyarakat, ini sangat membanggakan dan luar biasa,”ungkapnya bangga.

Ella Yulaelawati mengatakan keaksaraan literasi atau keaksaraan masa kini sedang berada dalam periode transisi dengan munculnya teknologi berbagai media informasi. “Kita harus menguasai pluralisasi literasi, modalnya kita harus mempunyai kompetensi dimasa depan dan penguatan karakter harus diperdalam sejak dini. Karena minat membaca bangsa Indonesia masih harus terus ditingkatkan,” ujarnya.

Bagikan :