Berita


Informasi

Kampung Literasi PKBM Giriwangi Cilacap: Menjaga Gelora Literasi

10 Feb 2019

Bertepatan dengan perayaan ulang tahun ke-11,  PKBM Giriwangi mendeklarasikan Kampung Literasi. Deklarasi ini juga dimeriahkan Gebyar Banyu Curug yang dimeriahkan oleh berbagai kegiatan seperti lomba olahraga, seni, dan budaya. Kegiatan tersebut diikuti oleh anak PAUD, remaja, dan umum.

Deklarasi Kampung Literasi ini dihadiri Kasubdit Keaksaraan dan BUdaya Baca Direktorat Pembinaan Keaksaraan dan Kesetaraan Dr. Kastum, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pariwisata dan sejumlah SKPD Kabupaten Cilacap. Deklarasi Kampung literasi ditandai pemotongan tumpeng oleh Direktur PKBM Giriwangi Aminudin yang diserahkan kepada Kasubdit Keaksaraan dan BUdaya Baca Dr. Kastum.

Dalam sambutannya, Kastum merasa bangga dan mengapresiasi eksistensi PKBM Giriwangi yang sudah 11 tahun tetap gigih melayani masyarakat melalui pendidikan nonformal. Ia mengaku baru kali ini menemukan PKBM yang memiliki manajemen dan kegiatan pendidikan yang benar-benar profesional serta didukung komponen pemerintah dan daerah.

Kampung Literasi PKBM Giriwangi Cilacap

Deklarasi sebagai Kampung Literasi diharapkan dapat meningkatkan dan mendorong kemampuan masyarakat sehingga nantinya akan terwujud sebuah kawasan atau perkampungan yang dihuni oleh warga yang memiliki enam kemampuan literasi yaitu baca tulis hitung, literasi digital, sains, keuangan, budaya, dan kewargaan. Kehadiran Kampung Literasi juga diharapkan dapat membantu menurunkan angka buta aksara di Kabupaten Cilacap yang saat ini masih berjumlah 9.337 orang.

“Kami berharap kegiatan ini bukan hanya seremonial semata, melainkan menjadi awal kebangkitan masyarakat dan pemerintah dalam menggelorakan enam kegiatan literasi, terutama di Kabupaten Cilacap,” ujar Kastum.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap Warsono menegaskan, kesuksesan Kampung Literasi sangat bergantung pada kerja sama masyarakat dan pemerintah

“Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui program “Bangga Mbangun Desa” khususnya pada pilar pendidikan dan kebudayaan, berkomitmen mencerdaskan masyarakat Cilacap dengan mendorong pelayanan pendidikan formal dan nonformal,” ujarnya.

Bagikan :