Berita


Event Informasi Pengumuman

FESTIVAL LITERASI INDONESIA - HARI AKSARA INTERNASIONAL ke- 50 Kota PALU

18 Oct 2016

Palu, 18 Oktober 2016 rangkaian kegiatan Festival Literasi Indonesia dalam rangkaian kegiatan Puncak Hari Aksara Internasional  ke -50 mulai diselenggarakan di halaman Pogombo, Kantor Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng).

Di hari pertama ini sejumlah kegiatan sudah diadakan sejak pagi. Para penggiat dan komunitas literasi, unit-unit di jajaran direktorat PAUD Dikmas serta Badan Bahasa dari Sulawesi Tengah dan berbagai daerah memenuhi area festival. Mereka mengisi 40 stan dan menampilkan ragam kegiatan yang selama ini sudah dilakukan bersama masyarakat. Di stan-stan tematik yang dikelola penggiat literasi juga diselenggarakan aktivitas yang menarik minat pengunjung, seperti membuat lukisan dengan kain perca di stan keterampilan dan berbagi inspirasi seputar penulisan kreatif bersama Gol A Gong di stan penulisan.

Di panggung acara dan ruang workshop juga diselenggarakan berbagai acara yang mengangkat beragam tema dan menarik perhatian pengunjung. Badan Bahasa Sulteng mengangkat seni sastra tradisi kebudayaan Kaili. Kegiatan dilakukan dalam bentuk pertunjukan seni sastra tradisi Vaino dan Dadendate serta diskusi perkembangan seni sastra Vaino dan Dadendate di Kebudayaan Kaili yang menghadirkan TS Atjat (budayawan) dan Fairuzul Mumtaz (Radio Iboekoe Jogja) dan dipandu oleh Neni Muhidin (forum TBM Sulteng). 

Di hari pertama ini juga diselenggarakan dua sesi Berbagi Inspirasi untuk penggiat literasi dan pengelola Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Sesi pertama mengangkat tema mengenai mengelola media sosial untuk menggalang dukungan bagi TBM secara kreatif dan produktif yanng menghadirkan narasumber Amelia Hamidi (Komunitas 1001buku), Heni Wardatur Rohmah (TBM Pena Aksara Jogja) dan Dini Wikarta Atmaja (Dompet Dhuafa). Sesi kedua mengangkat tema mengelola TBM dengan mengembangkan potensi lokal yang menghadirkan narasumber Devi R Uga dari Parigi Montong, Syaifuddin Gani dari Kendari dan Opik dari Garut. Sesi ini dipandu oleh Wien Muldian dari pengurus pusat forum TBM.

Acara lainya yang tidak kalah menarik adalah demo keterampilan bersama lembaga kursus dan penampilan aksi literasi stand up comedy dari para komika Palu.

Festival Literasi Indonesia akan diselenggarakan sampai tanggal 21 Oktober 2016 dengan beragam kegiatan yang menarik. (Mel)

Bagikan :